bahasa korea
Bahasa Korea

Belajar Bahasa Korea : Mengenal Huruf Hangeul

Kalau kamu pecinta Kpop dan drama Korea, tidak afdol rasanya jika tidak bisa membaca tulisan Korea. Tulisan korea disebut juga Hangeul. Seperti alfabet yang kita kenal, huruf Hangeul juga dibedakan menjadi huruf vokal dan konsonan. Jika kamu ingin bisa berbahasa Korea, pastikan dulu kamu bisa membaca Hangeul dengan lancar. Yuk simak baik-baik pelajaran pertama Bahasa Korea ini.

Mengenal Huruf Vokal

Tidak seperti pada huruf alfabet biasa, huruf vokal pada Hangeul terdapat lebih dari 10 huruf. Untuk memudahkan belajar, huruf-huruf vokal ini dibagi menjadi 3: huruf vokal tanpa awalan, huruf vokal berawalan w, dan huruf vokal berawalan y.

1.  Huruf Vokal Tanpa Awalan

Huruf vokal tanpa awalan di Hangeul tidak hanya a, i, u, e, o, tapi juga ada eo, eu, ae, oe, dan ui. Namun huruf-huruf ini tidak bisa berdiri sendiri. Harus ada huruf konsonan yang mengikuti. Jika ingin menulis huruf vokalnya saja, maka di depan huruf-huruf itu harus disertai dengan hangeulㅇ (ng). Contohnya seperti ini :
아 = a
이 = i
어 = eo
의 = ui
Dan seterusnya.

2.  Huruf Vokal Awalan w

Untuk menulis huruf vokal awalan w juga harus diikuti konsonan atau ㅇ (ng) untuk berdiri sendiri. Contoh :
와 = wa
워 = wo
왜 = wae
Dan seterusnya.

3.  Huruf Vokal Awalan y

Untuk menulis huruf vokal awalan y juga harus diikuti konsonan atau ㅇ (ng) untuk berdiri sendiri. Contoh :
여 = yeo
유 = yu
얘 = yae
Dan seterusnya.

Mengenal Huruf Konsonan

Setelah mengenal huruf vokal, kini kita belajar huruf konsonan.

Huruf konsonan pada Hangeul bisa ditempatkan di depan atau di belakang. Jika di depan, maka harus diikuti huruf vokal, sedangkan jika di belakang maka berfungsi sebagai huruf mati. Dan pada penulisan huruf mati, konsonan ditulis di bawah. Contoh kita akan menulis kata ‘ba-ram’ (angin). Maka penulisan hangeulnya:
바 = ba –> ㅂ+ㅏ
람 = ram –> ㄹ+ㅏ+ㅁ
Maka, ba-ram = 바 (huruf m ditulis di bawah ‘ra’)

Untuk huruf-huruf konsonan yang di baris bawah sebenarnya hanya penggandaan dari huruf konsonan asli. Penggunaannya bisa di depan atau di belakang. Contoh:
= jin-jja (sungguh)
이 = tteok-bokk-i (kue beras)

Catatan:
Ada perbedaan dalam pengucapan untuk huruf tertentu yang diletakkan di belakang. Contohnya huruf ㅅ jika diletakkan di belakang bukan lagi dibaca ‘s’ tetapi ‘t’. Misalnya untuk menuliskan kata hot (panas), huruf-huruf yang digunakan adalah ㅎ,ㅗ, dan ㅅ (bukanㅌ). Penulisannya: 홋 (hot) BUKAN 홑.

Huruf lain yang berubah pengucapannya saat berada di belakang adalah ㄱ (g). Jika diletakkan di belakang, maka dibaca k. Contoh untuk menulis daebak (luar biasa), maka huruf k disini menggunakan ㄱ bukan ㅋ. Penulisannya: 대박 (dae-bak) BUKAN 대밬. Begitu juga dengan ㄹ (r) yang bisa dibaca r atau l.

Penggunaan huruf vokal berawalan w atau y juga tidak berbeda dengan vokal tanpa awalan. Huruf-huruf tersebut diletakkan setelah konsonan. Contoh:
= an-dwae (tidak boleh)
= hak-gyo (sekolah)

Huruf Konsonan Khusus di Belakang

Ada aturan tambahan pada penulisan huruf Hangeul. Untuk huruf-huruf tertentu yang bertemu di belakang dalam satu kata, aturan penulisannya menjadi digabung seperti pada gambar di atas. Huruf ㄹ (r) dibaca l jika digabung dengan huruf lain dan diletakkan di belakang. Contoh:

어 = eob-seo (tidak ada)

Karena kata eobseo adalah satu kata, maka penulisan b dan s digabung di bawah menjadi ㅄ. Jadi penulisan eobseo BUKAN 업서 yang secara harfiah dibaca eob-seo tetapi 없어 yang jika ditulis latin sebenarnya adalah eobs-eo.

Contoh lain:
아 = an-ja (duduk)
다 = il-da (kalah)
아 = gwaen-chan-a (tidak apa-apa/bagus)
*Huruf ㅎ(h) di belakang bersama huruf ㄹ (l) dibaca melebur.

Practice Makes Perfect

Agar lebih cepat dalam belajar, silakan jawab pertanyaan berikut dan tulis di kolom komentar ya..

Tuliskan dalam tulisan latin:
1. 사랑해 =
2. 보고싶다 =
3. 어떻게요 =

Tuliskan dalam Hangeul:
1. Seo-ul =
2. Gang-nam =
3. Gang-won-do =

 

화이팅…!!^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *